Info Wisata & Liburan Keluarga

Minggu, 03 Maret 2019

Gunung Bromo Malang Jawa Timur, Gunung Para Pecinta Pendaki - INFO WISATA KU

Info Wisata Ku
Gunung Bromo Malang Jawa Timur, Gunung Para Pecinta Pendaki

Halo sobat , apayang sobat pikirkan ketika mendengar kata Bromo? Masyarakat sekitar barangkali akan beranggapan tentang Bakso, yakni Bakso Bromo khas Kota Malang Malang. Namun yang bakal kami kupas bukanlah suatu bakso, tetapi sebuah obyek wisata Gunung yakni Gunung Bromo di Kota Malang. Gunung Bromo adalahGunung Api yang aktif sampai ketika ini. Lokasi Gunung Bromo sedang di perbatasan Kabupaten Lumajang, Malang, Pasuruan dan Probolinggo Jawa Timur. Gunung bromo mempunyai ketinggian, menjangkau 2.392 meter diatas permukaan laut (mdpl).

Gunung Bromo

Gunung Bromo adalahincaran semua wisatawan, sebab memang Gunung itu mempunyai pesona dan keindaahan yang melulu didapat di Gunung tersebut. Para pendaki Gunung yang memanjat Gunung Bromo tidak melulu wisatawan lokal saja tetapi wisatawan asing juga tidak sedikit yang berminat. Selain tersebut didekat Gunung Bromo pun ada Gunung Batok (2.470 mdpl), Gunung Kursi (2.581 mdpl), Gunung Watangan (2.662 mdpl), Gunung Widodaren (2.650 mdpl), dan Gunung Semeru 3.676 (mdpl).

Rute Perjalanan Menuju Gunung Bromo
Akses untuk mengarah ke ke obyek wisata Gunung Bromo sangatlah mudah. Jika sobat dari luar Povinsi Jawa Timur, sobat bisa transit ke kota surabaya dahulu. Baik memakai kendaraan pribadi, Kereta Api, maupun dengan Pesawat. Jika sobat telah di Kota Surabaya, sobat dapat mengarah ke ke di antara kota atau kabupaten. Pastikan kota yang memiliki jalur untuk mengarah ke ke obyek wisata Gunung Bromo. Jika sobat merasa hendak instan, yang terpenting melulu ingin merasakan keindahan bromo. Sobat tinggal mengupayakan pesan, dari mulai transportasi,penginapan sampai paket bromo. Banyak penyedia paketan guna berlibur ke bromo, misalnya dulu saya pernah gunakan traveloka dari bekasi.

Berikut ini ialah beberapa jalur yang bakal kami informasikan.

1. Dari Kota Malang
Jika sobat dari Kota Malang, untuk mengarah ke ke obyek wisata Gunung Bromo. Sobat bisa pergi ke Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang kemudian diteruskan mengarah ke ke Desa Bulak Klakah. Sobat bakal bertemu dengan jalur yang akan melalui Lumajang, tepatnya dikawasan Jemplang. Dilanjutkan mengarah ke ke Padang Savana Gunung Bromo, yaitu area hamparan rumput yang paling luas.

2. Dari Kabupaten Lumajang
Untuk memakai jalur dari Kabupaten Lumajang, sobat bisa pergi ke Kecamatan Senduro. Setelah hingga di Kecamatan Senduro, sobat bisa meneruskan perjalanan sobat mengarah ke ke Desa Ranu Pane. Lalu melalui bukit dan mengarah ke ke area obyek wisata Gunung Bromo melalui area Jemplang. Dari Jemplang sobat sudah dapat melihat Gunung Bromo, dan dilanjutkan untuk mengarah ke ke Gunung Bromo.

3. Dari Kota Pasuruan
Jika sobat memilih jalur dari Kota Pasuruan sesudah transit dari Kota Surabaya. Sobat bisa pergi ke Kecamatan Wonorejo. Lalu dari Kecamatan Wonorejo, sobat bisa melanjutkan mengarah ke ke Kecamatan Warung Dowo. Dilanjut mengarah ke ke Kecamatan Tosari. Setelah hingga ke Kecamatan Tosari, sobat lanjut ke Desa Tosari dan mengarah ke ke penanjakan obyek wisata Gunung Bromo.

4. Dari Kota Probolinggo
Jalur dari Kota Probolinggo seringkali paling sering dipakai oleh semua wisatawan. Jalur dari Kota ini adalahjalur utama. Jalur Kota Probolinggo paling tidak sedikit menyuguhkan pemandangan yang paling indah. Oleh karena tersebut para wisatwan, tidak sedikit yang memilih jalur probolinggo. Setelah transit di Kota Surabaya sobat bisa pergi ke Kabupaten Pasuruan dan melawati jalur Pantura. Kemudian di lanjut mengarah ke Kabupaten Probolinggo. Setelah sobat bertemu dengan pertigaan Kecamatan Tongas, sobat bisa melanjutkan perjalanan mengarah ke ke Kecamatan Lumbang. Di Kecamatan Lumbang sobat pun dapat merasakan wisata Air Terjun Madakaripura. Sobat bisa melanjutkan perjalanan mengarah ke ke Kecamatan Sukapura dan lantas dilanjut mengarah ke ke Desa Cemoro Lawang. Desa Cemoro Lawang adalahpintu masuk mengarah ke obyek wisata Gunung Bromo.

Obyek wisata Gunung Bromo
1. Penanjakan
Penanjakan adalahtempat berkumpulnya semua wisatawan. Tujuan utama di Penanjakan ini ialah untuk merasakan keindahaan sunrise (matahari terbit), yang dapat disaksikan secara langsung andai cuaca paling mendukung.



Di obyek wisata Gunung Bromo ada 2 Penanjakan. Penanjakan 1 adalahPenanjakan yang sangat favorit untuk para wisatawan. Lokasi Penanjakan 1 sedang di sebelah barat Gunung Bromo. Untuk menjangkau ke Penanjakan ini semua wisatawan mesti memakai alat transportasi jeep atau hartop sebab medan guna mencapat ke Penanjakan 1 paling curam dan tidak sedikit ada tikungan tajam. Sebisa barangkali sobat berangkat ke Penanjakan 1 ini dari jam 3 pagi guna mendapatkan view sunrise yang terbaik.

Penanjakan 2 adalahalternatif, andai sobat tidak dapat pergi ke Penanjakan 1. View point dari Penanjakan 2 pun tidak kalah indahnya dengan view point Penanjakan 1. Untuk menjangkau ke Penanjakan 2 sobat bisa melawati jalur dari Kota Probolinggo dan memakai alat transportasi jeep atau hartop. Lokasi dari Penanjakan 2 memang lebih rendah dari Penanjakan 1, akan namun dimomen-momen tertentu Penanjakan 2 dapat menyerahkan view point yang sangat unik tepatnya pada musim hujan pada bulan September – Mei sebab di bulan ini posisi matahari keluar tepat diarah timur. Dan pada musim kemarau posisi matahari terbit tidak banyak lambat.

Di samping dari 2 Penanjakan tersebut, sobat pun dapat merasakan sunrise dari Bukit Mentigen. Walaupun bukit Mentigen ini lebih rendah dari 2 Penanjakan itu tetapi di Bukit ini tidak sedikit ada villa atau hotel yang bisa sobat sewa. Sobat bakal tetap dapat menikmati sunrise dari dalam lokasi peristirahatan sobat.

2. Kawah Gunung Bromo

Kawah Gunung Bromo menjadi lokasi yang paling tidak sedikit diincar oleh semua wisatawan. Kawah itu mempunyai diameter selama 800 meter dan untuk menjangkau di tempat Kawah Gunung Bromo semua wisatawan dapat berlangsung kaki maupun mencarter kuda lantas menaiki anak tangga yang mengarah ke ke area Kawah. Dari Kawah itu sobat akan dapat menikmati keindahan Pegunungan Tengger dan Gunung Batok yang serupa garis-garis terjal yang disaksikan dari samping Kawah Gunung Bromo.

3. Padang Savana

Padang Savana adalahhamparan rerumputan yang paling luas, luas Padang Savana di Gunung Bromo selama 10 km persegi dan tempat Padang Savana terletak di area Jemplang tepatnya di unsur selatan Gunung Bromo. Padang Savana ini pun mempunyai julukan sebagai Bukit Teletubbies.

Hal menarik dari Padang Savana ini merupakan, sebelum sobat menjangkau ke Padang Savana sobat akan melalui sebuah Padang Pasir yang paling gersang. Hal tersebut laksana sebuah keganjilan dimana suatu Padang Pasir yang gersang berada tepat disebelah Padang Savana yang ditumbuhi rerumputan yang paling subur dan indah.

4. Air Terjun Madakaripura

Lokasi Air Terjun madakaripura sedang di Kecamatan Lumbang, sobat bisa pergi ke obyek wisata Air Terjun madakaripura dengan melati jalur dari Kota Probolinggo. Akses untuk mengarah ke ke tempat Air Terjun Msobatkaripura pun tidak terlampau sulit, sobat bisa menaiki transportasi kendaraan roda 2 maupun roda 4.

Wisatawan di Air Terjun madakaripura tidak melulu dari lokal, dari wisatawan asingpun juga tidak sedikit yang punya minat untuk merasakan keindahan alam dari Air Terjun madakaripura yang memiliki elevasi sekitar 200 meter dan dihiasi oleh tanaman dan pepohonan yang subur disekitar Air Terjun tersebut.

5. Pasir Berbisik

Pasir Berbisik ialah hamparan pasir yang paling luas yang berada di area Gunung Bromo. Lautan Pasir atau yang dikenal dengan Pasir Berbisik ini terbentang paling luas dan tidak sedikit ada garis-garis pasir yang menyusun seperti lukisan yang terbentuk dari hembusan angin. Yang menjadi pesona dari Pasir Berbisik di Gunung Bromo ialah bahwa Pasir Berbisik atau Lautan Pasir ini tidak ditemukan di Gunung Berapi manamun kecuali melulu satu yakni yang berada di area Gunung Bromo.
kursusotomotifterbaikmajalengka
Di samping itu, urusan yang menjadi kesayangan para wisatawan ialah jika sobat mendekatkan kuping sobat ke pasir-pasir itu sobat akan dapat mendengar suara laksana bisikan sehingga semua masyarakat selama menyebut Lautan Pasir itu dengan nama Pasir Berbisik. Jangan lupa untuk sobat yang menyimpulkan untuk mendatangi Pasir Berbisik supaya membawa kacamata dan masker untuk mengayomi mata dan paru-paru sobat dari pasir.

6. Bromo Milky Way

Bromo Milky Way ialah sebuah spot-spot yang dapat menyaksikan bintang-bintang yang paling jelas pada malam hari. Obyek ini menjadi incaran semua pecinta Photographer yang hendak mengabadikan keindahan bintang-bintang yang paling mengagumkan. Tak melulu para penyuka Photographer, semua wisatwan yang lainnpun pun tak segan-segan untuk menonton bintang-bintang di malam hari yang dingin sebab pemsobatngannya yang memang tak dapat tergantikan. Waktu terbaik untuk menonton Bromo Milky Way yakni pada musim kemarau antara bulan Mei – September sebab langit sangat terang dan tidak tertutupi oleh awan.

Demikian informasi tentang Obyek Wisata Gunung Bromo yang bisa kami berikan. Terimakasih dan semoga informasi ini bermanfaat untuk sobat yang hendak berwisata ke Bromo tersebut.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog

Diberdayakan oleh Blogger.

Blog Archive