Info Wisata & Liburan Keluarga

Minggu, 03 Maret 2019

Sejarah Singkat Candi Borobudur - INFO WISATA KU

Info Wisata Ku
Sejarah Singkat Candi Borobudur


Sejarah singkat candi borobudur – Halo pembaca setia blog cariinfoyuk.com. Apa yang sobat pikirkan ketika mendengar maupun menyimak kata Candi? Ya. Sepintas andai kita mendengar kata candi, anda akan beranggapan bahwa candi adalahsebuah obyek peninggalan masa lalu. Candi tentunya akan berbau sejarah, yang ketika masih berdiri hingga sekarang. Lalu bagaimana dengan Candi Borobudur? Candi Borobudur adalahsalah satu peninggalan masa lalu, yang sekarang dimulai menjadi suatu obyek wisata di wilayah Kabupaten Magelang. Kali ini sobat cariinfoyuk.com bakal mengulas, mengenai obyek wisata Candi Borobudur yang paling indah.



Sejarah Singkat Candi Borobudur
Wisata Candi Borobudur
Pada abad ke 15-an tepatnya pada zaman Agama Islam masuk ke Indonesia, Candi Borobudur mulai terlupakan. Hal itu terjadi disebabkan Candi Borobudur terpapar letusan gunung berapi. Akibatnya beberapa Candi Borobudur tertutup oleh debu vulkanik, dan tanah bahkan tertutupi oleh pepohonan yang tumbuh disekitar Candi Borobudur.

Candi Borobudur mulai diketahui masyarakat Indonesia dan Luar Negri berkat Sir Thomas Stamford Raffles. Tepatnya ketika Inggris mengunjungi Indonesia pada tahun 1814. Sir Thomas Stamford Raffles, menerima laporan bahwa sudah ditemukannya suatu bangunan yang tertutup oleh tanah dan pepohonan. Tepatnya di desa Bumisegoro wilayah Magelang. Bersama dengan H.C. Cornelius, Sir Thomas Stamford Raffles mulai menginvestigasi bangunan itu dan telah berlalu digali pada tahun 1835.

Penelitian candi borobudur mulai di teliti, sesudah pemerintah indonesia menyerahkan laporan ke UNESCO. Tepatanya pada tahun 1956, setelah kebebasan indonesia. Pada tahun 1991, UNESCO memutuskan Candi Borobudur sebagai di antara Situs Warisan Dunia (World Heritage Site). Sejak ketika itu, pemerintah Indonesia mulai membuka Situs Candi Borobudur sebagai lokasi wisata.

Sejarah Singkat Candi Borobudur

Berdasarkan keterangan dari para peneliti, Candi Borobudur didirikan selama abad 800-900 Masehi. Pada tahun itu mayoritas keyakinan masyarakat Indonesia, ialah ajaran Buddha atau Agama Buddha. Seluruh Candi di Indonesia yang didirikan pada tahun tersebut, adalahsebuah Candi Buddha yang dijadikan sebagai lokasi Keagamaan tergolong Candi Borobudur. Sekitar abad 820-830 Masehi, Candi Borobudur di bina oleh Raja Samaratungga. Raja yang berasal dari dinasti Syailendra, dan berlalu sekitar abad 900 Masehi pada masa Ratu Pramudawardhani. Arsitek yang dipercayai membangun Candi Borobudur ialah Gunadharma menurut cerita para warga disekitar Candi Borobudur.

Lokasi Candi Borobudur
Para pengunjung lokal, tepatnya pengunjung jawa barat. Bahwa eksistensi candi borobudur tersebut di jogja. Namun secara geograpic tempat borobudur itu, sedang di kabupaten magelang provinsi jawa tengah. Memang eksistensi candi borobudur ini lebih dekat dari jogja, selama 40 km.

Harga Tiket Masuk
Harga tiket masuk wisatawan lokal
Dewasa (10 tahun ke atas) Rp. 40.000/orang
Anak-anak (umur 3-10 tahun) Rp. 20.000/orang
Harga tiket masuk wisatawan asing
Untuk wisatawan asing seharga $ 25 = Rp. 348.627.43
Manfaat berwisata ke Candi Borobudur
Mempelajari Sejarah, Sastra, dan Seni
Tak sedikit semua wisatawan yang mendatangi Candi Borobudur, guna belajar mengenai Candi Borobudur baik dari segi sejarah, sastra, maupun seni. Bagi semua pecinta sejarah maupun sastra dan seni, obyek wisata Candi Borobudur adalahtempat yang sangat sesuai di teliti. Bagi semua sastrawan sesuai untuk mempelajarinya dan mengenali seluk beluk Candi Borobudur. Mulai dari sejarah berdirinya, pahatan-pahatan patung pada relief Candi, maupun kebiasaan para penduduk di dekat
Candi Borobudur.

Lalu bagaimana dengan orang yang kesatu kali mendatangi Candi Borobudur? Apakah dapat mempelajari sejarah singkat candi borobudur, sastra, maupun seni dari Candi Borobudur? Tidak butuh bingung sobat cariinfoyuk.com. Sobat melulu perlu mengitari Candi Borobudur sehaluan jarum jam, yakni dari kiri ke kanan dibuka dari pintu sangat bawah. Sobat cobs simaklah relief yang ada di Candi Borobudur. Setelah sobat berlalu mengitari lantai kesatu, dilanjutkan dengan lantai kedua dengan teknik yang sama saat kamu mengitari lantai kesatu. Lakukan terus menerus hingga kamu mencapai puncak Candi Borobudur.

Kenapa mesti laksana itu? Karena relief yang ada di Candi Borobudur, dari lantai kesatu hingga puncak adalahCerita yang saling berhubungan. Dengan mengerjakan hal tersebut, sobat akan dapat mempelajari Candi Borobudur tersebut. kita masih lumayan kesulitan guna memperterjemahkan relief yang sedang di Candi Borobudur? Tenang sobat, sobat dapat menyewa jasa pemandu, yang sedang di Candi Borobudur yang siap menolong sobat.

Berburu Souvenir di Kompleks Candi Borobudur

Candi Borobudur adalahsebuah penginggalan sejarah, yang paling berharga untuk Indonesia bukan? Sangat disayangkan bilamana kita berwisata ke Candi Borobudur, tanpa melakukan pembelian souvenir yang berada di perumahan Candi Borobudur. Berburu souvenir adalahhal yang penting untuk para wisatawan. Yang berwisata ke Candi Borobudur, di dekat kompleks Candi Borobudur terdapat barisan toko dan kios yang menjual sekian banyak  souvernir. Seperti kaos, topi, tas, sepatu, bahkan miniatur Candi Borobudur tersebut sendiri. Tak heran andai kios-kios yang berderetan di perumahan Candi Borobudur, tidak jarang kali ramai masing-masing harinya oleh semua pemburu souvenir di Candi Borobudur.

Taman Bermain Bagi Keluarga

Candi Borobudur adalahobyek wisata untuk semua umur, serta kalangan masyarakat. Bagi masuk ke Candi Borobudur pun, tidak terlampau mahal .Sobat dapat membawa anak-anak guna berwisata ke Candi Borobudur. Bisa terbayang bukan, andai satu keluarga kamu berwisata ke Candi Borobudur? Selain berfoya-foya akan keindahan Candi Borobudur, sobat pun mampu menyerahkan wawasan ilmu guna anak sobat. Selain tersebut juga untu mempererat hubungan family anda.

Keistimewaan Candi Borobudur

Apa keistimewaan candi borobudur, terbersit yang anda tau melulu sebuah bangunan bersejarah kan sobat. Namun dibalik tersebut semua, candi borobudur memiliki keistimewaan sendiri. Tak barangkali sebuah lokasi bersejarah, yang tak tahu-tahu tidak sedikit pengunjungnya. Sobat cari info yuk lokasi wisata ini, tak barangkali waktu ke masa-masa pengunjung silih bergantian tanpa terdapat keistiewaannya. Sebuah obyek wisata pasti saja tidak bakal terlepas dari informasi, fakta, bahkan mitos. Tak jarang orang-orang mendatangi suatu obyek wisata, melulu menurut informasi yang menurut keterangan dari mereka menarik. Sehingga mereka menyimpulkan untuk mendatangi obyek wisata tersebut. Nah.sobat cariinfoyuk akan menyerahkan informasi keistimewaan yang unik seputar Candi Borobudur.
kursusotomotifterbaikmajalengka
Keistimewaan candi borobudur yang menarik
1. Candi Borobudur adalahCandi yang terbesar di Dunia
Banyak Wisatawan yang berbicara bahwa Candi Borobudur adalahCandi Buddha yang terbesar di Dunia. Candi Borobudur mempunyai luas 15.129 meter persegi dan tinggi 42 meter.

2. Danau Purba – Cerita Rakyat Candi Borobudur
Berdasarkan keterangan dari mahasiswa doktoral Departemen Geografi Universitas Gadjah Mada mempunyai nama Helmi Murwanto, dipercayai bahwa Candi Borobudur di bina diatas telaga purba yang sudah mengering pada zaman pleistosen akhir.

3. Ribuan Pahatan Relief – Ribuan Relief Terpahat di Dinding Candi Borobudur
Candi Borobudur mempunyai 2672 pahatan relief yang terdiri dari 1212 relief dekoratif dan 1460 relief cerita Buddha.

4. Jam Raksasa – Sinar Matahari yang menerangi Candi Borobudur
Diyakini bahwa pada masanya, Candi Borobudur dipakai oleh masyarakat selama sebagai jam raksasa dengan memakai sinar matahari sebagai pusatnya.

Nah itulah informasi sejarah singkat candi borobudur dan keistimewaanya. Semoga menjadi penilaian sebelum sobat berlibur ke candi borobudur. Kapan sobat merasakan keindahan candi borobudur yang sarat keistimewaan?

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog

Diberdayakan oleh Blogger.

Blog Archive