Info Wisata & Liburan Keluarga

Kamis, 07 Maret 2019

Wisata Danau Sentani Papua - INFO WISATA KU

 Info Wisata
Wisata Danau Sentani Papua

Danau Sentani Papua – Jika sobat mendengar nama Papua pasti yang bakal terbesit di pikiran anda ialah keindahan Kepulauan Raja Ampat dan pun Puncak tertinggi Jayawijaya. Namun di samping kedua lokasi tersebut terdapat lagi obyek wisata yang tak kalah estetis yang dinamakan dengan Danau Sentani.

Wisata Danau Sentani Papua



Danau Sentani berada pada elevasi 75 meter diatas permukaan laut dan mempunyai luas lokasi sekitar 9.360 hektar. Dengan luas area tersebut telaga ini dijuluki sebagai telaga terluas di tanah Papua. Obyek wisata yang unik ini masih tergolong ke dalam area lereng Pegunungan Cagar Alam Cycloops.

Sama halnya dengan obyek wisata telaga kebanyakan, Danau Sentani pun terbentuk dampak aktivitas vulkanik beratus-ratus tahun silam. Sumber air nya sendiri berasal dari 14 aliran sungai yang bermuara di Jaifury Puay. Danau Sentani mempunyai kedalaman rata-rata 24.5 meter dengan dasar perairan yang berlumpur dan berpasir.

Keunikan dari Danau Sentani ialah karena adanya 22 pulau didalamnya. Diantara pulau-pulau itu ada Pulau Asei yaki pulau yang lumayan populer dan pun berpenghuni. Sebagian besar warga Pulau Asei menciptakan kerajinan tangan yang tercipta dari kulit kayu dengan sekian banyak  motif yang indah.



Danau terluas di Papua ini dihuni oleh sekian banyak  jenis ikan dan biota lainnya. Potensi nya yang lumayan bagus dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar guna membudidayakan ikan air tawar. Setidaknya ada 30 species ikan air tawar yang menghuni habitat Danau Sentani. 4 species diantaranya adalahspecies endemik yaitu ikan gabus, ikan pelangi, iakn bianglala merah dan pun ikan hiu gergaji.

Wilayah Danau Sentani merupakan wilayah yang paling asri. Terdapat 24 perkampungan yang terdapat disekitaran pesisir serta dipulau-pulau yang sedang di tengah Danau Sentani. Bagi dapat merasakan keindahan pulau-pulau kepunyaan Danau Sentani saya dan anda bisa menyewa perahu guna berkeliling.

Banyak sekali pekerjaan wisata yang dapat kamu lakukan di Danau Sentani. Pengunjung bisa berenang, berkeliling memakai perahu, memancing, bemain sky air dan beda sebagainya. Jika sobat hendak menikmati keadaan yang tenang sobat bisa bersantai dipinggiran telaga sembari merasakan kuliner khas Sentani.

Setiap Bulan Juni di Danau Sentani diselenggarakan Festival Danau Sentani. Fastival ini merupakan pesta rakyat wisata tahunan yang rutin dilakukan setiap bulan Juni. Pada festivak ini seringkali dipertontonkan tarian khas papua, tarian ini dilaksanakan diatas perahu di Danau Sentani, ada pun upacara-upacara adat Papua, serta sajian wisata kuliner.



Festival di Danau Sentani Papua
Festival Danau Sentani bertujuan untuk mengenalkan adat dan kebiasaan papua serta mempopulerkan obyek wisata Danau Sentani supaya dikenal luas sampai ke Mancanegara. Kegiatan Festival ini terbukti sukses meraup minat masyarakat yang tak melulu berasal dari wilayah papua saja. Banyak pengunjung dari luar wilayah bahkan mancanegara datang ke Danau Sentani untuk merasakan pertunjukan tersebut.



Lokasi Danau Sentani Papua
Danau Sentani terletak di Kecamatan Sentani selama 20 kilometer sebelah barat Ibukota JayaPura, Papua, Indonesia. Bagi dapat mengarah ke ke lokasi kamu dapat memakai penerbangan mengarah ke ke Bandara Sentani, Kota Jayapura.

Dari sana sobat bisa melanjutkan perjalanan mengarah ke ke Danau Sentani dengan memakai kendaraan umum. Tarif yang dikenakan seringkali hanya Rp.10.000,- dengan memerlukan waktu tempuh selama 15 menit.

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog

Diberdayakan oleh Blogger.

Blog Archive