Info Wisata & Liburan Keluarga

Selasa, 05 Maret 2019

PANTAI INDRAYANTI - INFO WISATA KU

Info Wisata Ku
PANTAI INDRAYANTI 


Pantai Indrayanti ialah salah satu lokasi wisata pantai di Jogja yang tidak jarang direkomendasikan pada wisatawan. Nama pantai Indrayanti sendiri sudah lumayan dikenal di kalangan wisatawan baik lokal ataupun manca negara.

Sama laksana tipikal pantai unsur selatan di distrik gunung kidul, pemandangan disini tidak kalah indahnya. Bentang pantai yang lumayan luas, pasir halus, dan laut biru lepas yang bersih. Jika kamu merasa bosan di Malioboro, lokasi ini dapat jadi tujuan.

Sejarah Pantai Indrayanti
Pantai ini mempunyai latar belakang yang lumayan unik. Kalau anda dengar namanya, rasanya bertolak belakang dengan pantai beda di wilayah ini. Pantai lain seringkali menggunakan nama tempat, sementara pantai yang satu ini berbeda.

Nama pantai Indrayanti sebenarnya bukan nama resmi. Nama ini dipungut dari nama restoran Indrayanti yang berada tidak jauh dari sini.

Restoran ini lumayan dikenal pengunjung, dan seolah menjadi landmark lokasi ini. Akhirnya, tanpa disengaja dari mulut ke mulut, lokasi ini lebih dikenal dengan nama Pantai Indrayanti. Nama Indrayanti sendiri dipungut dari campuran nama empunya restoran; bapak Indra dan ibu Yanti.

Hotel Di Pantai Indrayanti, KLIK DISINI
Pantai Pulang Sawal
Nah, nama sah yang dipakai oleh pemerintah untuk tujuan wisata ini ialah pantai Pulang Sawal/pantai Pulang Syawal. Hanya saja, pengunjung dan warga setempat telah terlanjur mengenal lokasi ini dengan nama pantai Indrayanti.


Meskipun pihak pemerintah lebih mengkampanyekan nama pantai kembali sawal, sekitar ini tetap saja nama lama yang lebih melekat dikalangan pengunjung baik dari dalam ataupun luar Jogja. Belum lagi pengaruh pemakai medsos yang lebih kenal lokasi ini dengan nama pantai indrayanti.

Dulu sempat terjadi perdebatan antara pihak pemerintah dan pengelola berhubungan penamaan tempat. Tapi kelihatannya tidak berlanjut lebih jauh.

Lokasi Pantai Indrayanti
Lokasi pantai Indrayanti berada di lokasi wisata panti di Gunung Kidul. Letaknya tidak berjauhan dengan lokasi wisata pantai lainnya laksana pantai Pok Tunggal, pantai Sundak, ataupun pantai Krakal. Dari pusat kota Jogja, jaraknya tidak cukup lebih 66 KM dengan masa-masa tempuh kesini selama 2 jam.

Rada lama sebab medan jalannya yang turun naik dan berbelok-belok. Kondisi jalannya sendiri cukup mulus, jadi perjalanan anda masih nyaman.

Jadi kalau berangjangsana ke sini, dapat sekalian mengunjungi pantai lainnya juga.

Alamat pantai Indrayanti tepatnya berada di distrik desa Tepus, kecamatan Tepus, kabupaten Gunung Kidul di distrik DIY Yogyakarta.

pantai sawal indrayanti
image: eibidiei.wordpress.com
Lihat juga: info seputar Pantai Parangtritis

Petunjuk Arah Ke Pantai Indrayanti
Petunjuk arah ke pantai Indrayanti tidak susah sebetulnya, sebab berada di distrik wisata yang populer. Papan tuntunan jalan pun sudah lumayan lengkap, jadi gampang untuk di ikuti. Btw, sejumlah petunjuk arah menyebutkan pantai sawal atau pantai syawal. Ikuti aja sebab pantai sawal dan indrayanti merujuk ke lokasi yang sama.

Jalan mengarah ke Pantai indrayanti dapat melalui rute;

Dari Jogja mengarah ke ke jalan Wonosari (ringroad timur), lalu mengarah ke ke arah Piyungan – Patuk – Wonosari – Karangrejek – Hargosari – Tepus. Dari tepus bermukim ikuti tuntunan jalan ke arah pantai.
Rute pilihan lain yang dapat digunakan; via jalan Imogiri – Siluk – Panggang – Saptosari – Trowono – Baron. Dari pantai Baron lanjut ke arah timur tidak cukup lebih 10 KM guna sampai ke Indrayanti.
Rute melewati Wonosari lebih tidak sedikit direkomendasikan, sebab lebih gampang untuk dibuntuti oleh pengunjung dari luar Yogya. Santai aja berkendaranya ya, jalannya lumayan bagus namun relatif kecil.

Peta Pantai Indrayanti

Anda dapat menggunakan software google maps, waze atau semacamnya di android. Petunjuk yang diberikan lumayan mudah guna diikuti.

Wisata Pantai Indrayanti Jogja
Hal yang ditawarkan oleh pantai Indrayanti Jogja antara lain keadaan khas pantai unsur selatan wilayah Yogya yang luas, berbingkai samudera Indonesia dengan airnya yang jernih.

Agar dapat lebih tenang menikmati, lebih dianjurkan untuk berangjangsana di ketika hari biasa. Di akhir pekan, seringkali tempat ini lumayan ramai dikunjungi. Di pantai ini terkadang terdapat ubur-ubur yang cukup tidak sedikit di ketika tertentu. Jadi bila lagi bermain air lalu menyaksikan binantang laksana balon, tidak boleh disentuh ya. Sengatannya lumayan terasa di kulit.

Jika berangjangsana kesini hingga malam, keadaan sunset disini ngga kalah indahnya lho..

sunset di pantai indrayanti
image: www.njogja.co.id
Seperti biasa, bila kamu berkunjung ke pantai-pantai unsur selatan pastikan berhati-hati ketika berenang atau bermain air. Selalu patuhi petunjuk ketenteraman setempat. Pantai unsur selatan yang berbatasan langsung dengan samudera Indonesia memiliki karakteristik gelombang yang lumayan besar dengan arus kuat. Selalu utamakan keselamatan kamu ya..

Artikel lainnya: info seputar Pantai Nglambor

Keunikan Pantai Indrayanti
Keunikan pantai indrayanti gunung kidul yang bertolak belakang dengan pantai lainnya; Bersih dan lebih terawat.

Beda dengan panta-pantai yang lain, pengelola disini aktif merawat dan tidak segan menyerahkan sanksi pada pengunjung yang melemparkan sampah sembarangan.

Pelanggaran bakal dikenakan denda Rp 10.000. Sejauh ini lumayan efektif guna menjaga kesucian dan kenyamanan lokasi wisata.

Di lokasi sisi sebelah kiri pantai, ada tebing yang dapat kita daki. Dari atas tebing ini kita dapat melihat landscape selama pantai lebih jelas.

Fasilitas
Fasilitas yang terdapat juga lumayan lengkap lho. Disini terdapat sekian banyak  tempat santap ataupun cafe guna bersantai dan merasakan kuliner khas pantai.

Di sepanjang pantai terdapat susunan gazebo dan payung pantai yang dapat digunakan guna istirahat dan merasakan suasana dan pemandangan sekitar. Fasilitas lainnya laksana toilet dan kamar mandi guna membilas diri sesudah bermain air laut pun sudah cukup tidak sedikit tersedia.

Di samping itu, ada penyewaan jetski dan pun tempat bermain anak.

Ada pun menara lifeguard beserta petugas setempat yang berjaga. Meskipun demikian tidak jarang kali pastikan ikuti tuntunan dan saran ketenteraman yang diserahkan ya..

Baca juga: review Benteng Vredeburg

Harga Tiket Masuk Pantai Indrayanti
Harga tiket masuk : Rp 10.000
Sewa payung pantai : Rp 20.000
Sewa Gazebo : Rp 30.000
Toilet dan kamar mandi guna bilas : Rp 2000 – Rp 5000
Sewa jetski : Rp 250.000 / 15 menit
Harganya terbilang murah dan terjangkau. Tempat wisata di wilayah gunung kidul tarifnya memang murah, cukup bertolak belakang dengan lokasi wisata di wilayah jawa barat ya?

Penginapan Di Pantai Indrayanti
Mau menginap disini? Jangan khawatir. Terdapat sejumlah penginapan di sekitar pantai dengan harga yang lumayan terjangkau. (sumber kontak dari hasil googling)

Walet Guest House. Nomor kontak : 0821-3306-5501, 0878-3860-1129, 0852-0017-5454.
Penginapan Cemara Udang. Nomor kontak : 0813-2541-4441
Penginapan Joglowatukelir. Nomor kontak : 0819-0404-4481, 0823-2737-7377
Griya Pesisir. Nomor kontak : 0877-3801-7351, 0813-2800-5731
Bamboo Lengkung Cottage. Nomor kontak : 0813-9281-4301, 0813-2637-1994, atau 0852-0002-64888
Rock Garden Homestay. Nomor kontak : 0822-2531-7339
Di samping penginapan di sekitar pantai Indrayanti di atas, kamu juga dapat menginap di penginapan-penginapan yang terdapat di pantai beda yang berdampingan (pantai pok tunggal, pantai sundak, dll). Letak masing-masing pantai berdekatan, jadi kamu bisa menginap di lokasi mana aja dan dengan mudah mendatangi area pantai lainnya.

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog

Diberdayakan oleh Blogger.

Blog Archive