Info Wisata & Liburan Keluarga

Minggu, 03 Maret 2019

Ternyata 7 Curug Sawer Yang Ada Di Indonesia Banyak Pengunjungnya - INFO WISATA KU

Info Wisata Ku
Ternyata 7 Curug Sawer Yang Ada Di Indonesia Banyak Pengunjungnya

Curug Sawer Indonesia – Nama curug sawer tidak melulu di majalengka saja, ternyata dibeberapa kota pun ada yang namanya curug sawer. Sawer (bahasa sunda) yang berati air curug yang turun pada tebing batu, sehingga memunculkan percikan air atau embun. Namun laksana biasa penamaan curug adakalanya sesuai tempat wisata atau terdapat mitos terdahulu.

Sawer dalam adat istiadat biasa dipakai saat terdapat pernikahan, syukuran lahiran, khitanan dan acara lainnya yang berisi sawer menyawer. Sawer menyawer disini mengartikan menyerahkan sesuatu urusan dengan teknik mengawurkan duit dengan alesan syukuran. Namun adat laksana tujuannya menyerahkan kebahagian untuk orang lain, tetapi pemberiannya berlomba-lomba guna mendapatkannya.

7 Curug Sawer Di Iindonesia
Curug sawer ternyata ada sejumlah tempat diantaranya, majalengka, sukabumi, bogor, banten dan bandung.

1. Curug Sawer Majalengka


Dalam satu jalur sobat dapat menikmati 3 curug diantaranya, curug embun pelangi, curug muara jaya dan terakhir curug sawer. Enakan sobat, jadi sobat dapat menikmati dalam satu rute saja. Itulah indahnya majalengka, yang sarat dengan curug.

Curug Sawer ini masih alami dan asri,ketika sobat datang kesini, sobat bakal disuguhi dengan pemandangan yg estetis yang masih alami, dan satu lagi curug sawer sama laksana air terjun tumpak sewu yang terdapat di Jawa Timur.

Curug ini memiliki mistis untuk para penduduk sekitar, konon katanya bahwa curug ini adalahtempat pertapaan prabu siliwangi. Kalau ngomongin masalah mistis jadi ngawur, tapi andai sobat berniat merasakan keindahan atas nikmat yang diserahkan allah maka tidak terdapat rasa takut.

Tempat wisata ini kini lagi diupayakan oleh pemerintah, baik tempat serta jalan mengarah ke wisata. Mudah-mudahan jalan yang licin dan berumput dapat diperbaiki. Karena, lokasi wisata ini sejuk dan airnya bening sekali.

Tips untuk berangjangsana kesini, usahakan ketika musim terang atau kemarau. Soalnya ketika turun hujan debit air bakal besar, curug ini berketinggian 30 m.

Jika sobat ingin berangjangsana kesini, sobat lumayan membayar dengan harga tiket Rp. 10.000/orang. Untuk ongkos parkirnya Rp. 5.000. Bagi akses jalan kini sudah bagus, tetapi belum adanya kendaraan umum untuk mengarah ke tempat wisata ini.

Air terjun curug sawer di majalengka ini bertempat desa argamukti, kecamatan argapura kabupaten majalengka.

2. Curug Sawer Sukabumi


Curug sawer adalahcurug yang di gandrungi semua muda-mudi dan menjadi tujuan wisata keluarga. Wisata curug sawer ini terletak diperbukitan kaki gunung salak, telah otomatis udara yang sejuk dan pemandangan yang asri.

Dengan luas 10 Ha ini, terdapat suatu lembah dan 2 bukit. Dengan luasnya lahan, wahana dan kemudahan akan terpenuhi.

Wahana yang memanjakan semua pengunjung diantaranya
– Kolam renang family dengan waterboom dan air tumpahnya
– Taman I love U
– Karaoke
– Berkuda
– Flying fox dan
– Kolam pemancingan eksekutif.
kursusotomotifterbaikmajalengka
Fasilitas di curug cikareo
Fasilitas disini telah komplit, jadi sobat tidak ketakutan dengan masalah fasilitas. Fasilitas di curug cikareo diantaranya

– Penginapan
– Kantin / Cafe love
– Mushola
– Toilet
– Parkiran

Harga tiket masuk ketempat wisata, Rp. 15.000/orang guna dewasa. Sedangkan guna anak-anak Rp. 10.000/orang. Harga tiket masuk sudah dapat menikmati wahana karaoke, flyingfox, berkuda, dan mancing.

Curug sawer ini bertempat di dusun cikareo desa parakansalak kecamatan parakansalak kabupaten sukabumi. Bagi akses jalan belum sepenuhnya diaspal, tetapi sudah dapat dilalui kendaraan pribadi. Baik kendaraan roda dua atau kecil sampai lokasi parkiran didalam wisata. Bagi rute perjalanan sobat tidak butuh khawatir sebab untuk akses rute sangatlah gampang.

Jika sobat berasal dari distrik jakarta, bogor dan sekitarnya.
Dari pertigaan caringin kecamatan cicurug, sobat ambil arah cidahu dengan jarak 5 Km hingga pertigaan babakan pari kecamatan cidahu. Ambil jalur kiri arah parakan salak untuk mengarah ke pertigaan dekat kantor kepala desa lebak sari, jarak yang ditempuh tidak cukup lebih 2Km.

Jika sobat berasal dari distrik sukabumi, cibadak dan sekitarnya.
Dari pertigaan angkrong atau stasiun kereta api parung kuda, ambil arah parakan salak dengan jarak tempuh tidak cukup lebih 8Km. Untuk mengarah ke kantor kepala desa lebak sari, sobat mesti putar arah mengarah ke cidahu dengan jarak tempuh sampai 3Km.
Curug sawer sukabumi dikenal dengan sebutan curug parakansalak, curug pandeglang, curug sawer cikareo dan curug cidahu.

3. Curug Sawer Ciapus Bogor


Di samping dari muasal kata sawer yang dengan kata lain cipratan yeng tentang bebatuan, menurut keterangan dari para penduduk sekitar, orang tidak sedikit yang menyawer (ngasih uang) pada ketika penampilan kesenian jaipong.

Curug sawer ciapus ini terletak di pematang persawahan, jadi guna akses mengarah ke curug mesti melalui jalan setapak. Curug sawer ini mempunyai landscape panorama pesawahan semua warga sekitar. Dengan terbentuknya kolam, sobat dapat berenang guna menikmatinya.

Curug sawer ini sedang di gunung malang kecamatan tenjoljaya. Curug sawer yang dulunya di takuti penduduk yang konon mistisnya kuat, kini sudah menjadi lokasi wisata yang tidak jarang dikunjungi.

Curug sawer bogor dikenal dengan sebutan curug sawer ciapus

4. Curug Sawer Cililin

Buat penduduk bandung curug sawer ini adalahtempat botram alias makan bersama di lokasi wisata. Alih-alih lokasi wisata ini paling ramah saku, jadi sangat tidak sedikit pengunjungnya. Curug sawer ini dikelola perhutani dan masyarakat, jadi pepohonan dan curug ini masih terjaga dengan baik.

Curug sawer ini merupakan kelompok cisadae yang berarti bertingkat. Untuk pengunjung ini adalahspot terbaik guna berselfie dan bermain ria dengan air curugnya. Dengan area tidak cukup lebih 8 Ha ini, di sekeliling curug di tumbuhi pepohonan yang tinggi dan rindang. Habitat satwa ini dilindungi, jadi monyet binal ini bebas dengan kehidupannya.

Area yang luas yang dikelola perhutani menjadikan lokasi wisata, dan fasilitasnya tidak jarang kali dikembangkan. Dibalik sobat dapat menikmati curug sobat juga dapat camping disini, yang dikelilingi hutan pinus. Fasilitas warung makan, lokasi parkir, toilet dan sarana ibadah mejadi pelengkap di lokasi wisata yang telah terpenuhi. Harga tiket masuk yang ramah saku ini, sobat lumayan membayar Rp. 2.500.

Curug sawer cililin ini terletak di cililin gabus girang desa karangtanjung kecamatan cililin kabupaten bandung barat. Bagi akses ke curug ini telah bagus, sudah dapat di lewati kendaran roda dua dan roda empat.

5. Curug Sawer Ciomas Banten


Curug sawer yang berada kecamatan ciomas kabupaten banten, tepatnya di dusun gunung kencana desa ujung tebu. Curug sawer ini adalahcurug yang mempunyai nama sawer pun yang terdapat di indonesia. Curug sawer ini hanya dapat dilalui berlangsung kaki, jadi guna pemakai kendaraan mesti menitipkan di lahan semua warga. Biaya penitipan kendaraan, mesti merogoh cocek Rp. 5.000.

Dengan situasi jalan setapak mealalui pematang sawah, sobat mesti tambahan hati-hati lagipula sudah hujan. Sobat akan melalui hutan dengan trek tunggal berlumut dan licin, sebab tempat wisata ini jarang terjamah semua pengunjung. Perjalanan yang di tempuh tidak cukup lebih 1.5 Km hingga curug sawer.

Keindahan yang dipunyai curus sawer ciomas ini mempunyai air yang bening dan dingin. Dengan track yang disuguhi hamparan hijaunya pesawahan menciptakan suatu yang bertolak belakang dengan curug lainnya.

6. Curug Sawer Cigeulis


Curug sawer lainnya di indonesia yakni curug sawer cigeulis. Yang mana terletak 1 Km dari kecamatan cigeulis. Untuk mengarah ke curug ini tidak cukup lebih 10 m andai sobat berlangsung kaki.

Curug sawer cigeulis masih termasuk kelompok cisadae sebab ada 2 curug yang bertingkat. Masing-masing curug memiliki nama tersendiri. Curug kesatu yang sangat atas dinamai curug lalakina dengan elevasi 7 meter, sementara curug bikang yang unsur bawah. Curug bikang memiliki gua dibawah permukaan air, dengan panjang 8 km. Gua ini panjangnya sampai wilayah muara wilayah babakan nangka.

Lagi-lagi mitos yang terdapat di curug bikang ini, lokasi yang terjaga oleh makhluk halus demi mengawal kelestariannya dari ulah usil manusia. Penjaga curug sawer bikang ini dengan penampakan buaya putih, dan ketika bulan purnama serupa kakek tua.

7. Curug Sawer Situ Gunung


Inilah yang terakhir dari nama curug sawer di indonesia, yakni curug sawer situ gunung. Curug sawer situ gunung ini adalahcurug yang terletak di taman nasional gunung gede pangrango.

Curug sawer situ gunung ini memiliki elevasi kurang lebih 900-1300 mdpl. Jadi curah air curug ini besar sekali, dan dilaragnya berenang oleh pengelola setempat.

Curug sawer situ gunung tidak sedikit sekali pengunjungnya, terutama semua kaula muda. Untuk mengarah ke curug situ gunung ini terdapat 2 jalur yang dapat dilalului. Jalur cepat, adalahjalan pintasan melewati jembatan gantung dengan panjang 240 meter. Bagi tiket masuk jembatan gunung ini, mesti meronggoh gocek 27.500. Jalur kedua sobat dapat berjalan dijalur utama, jalannya yang kecil, berbatu dan berdampingan dengan jurang. Namun jalan ini sedang dalam perbaikan, supaya mempermudah pengunjung.

Dibalik curug yang indah, sobat dapat menikmati indahnya telaga situ gunung. Fasilitas disitu gunung ini parkir, toilet, kamar mandi, dll. Ternyata wahana disini pun tersedia flayingfox, perahu sampan dan camping ground.

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog

Diberdayakan oleh Blogger.

Blog Archive